Halaman

Kamis, 11 September 2014

Story About "Acne"

Hai teman-temanku yang cantik dan guanteng tapi bohong hari ini aku mau cerita tentang soal Acne alias Kutil eh maksudnya Jerawat. Hehe



Setiap anak remaja pasti sudah kenal dengan yang namanya JERAWAT sengaja dikasih besar tulisannya, karena saya dendam banget sm yang namanya jerawat hihi. Kalian juga pasti jengkel banget kan? Apalagi benda satu ini nangkring dimuka kita seenaknya tanpa permisi dan tanpa salam, tanpa basa-basi dulu. Kan lebih enak kalo mau permisi dulu nangkring diwajah/muka kita, itu jerawat sopan namanya. Dan sejak kapan ada yang namanya jerawat sopan-_- wkwk.

*pesan singkat dari saya: awas ada foto-foto yang tidak mengenakkan hati maupun batin dan fisik, kuatkan iman anda untuk melihat foto-foto yang mungkin menjijikan..

Si Jerawat datang karena ada sebabnya yaitu :

1. Faktor Genetik/Keturunan
Kalo orang tua kita dulunya berjerawat atau dalam silsilah keluarga kita, kemungkinan kita bisa berjerawat juga.
 2. Faktor Gaya Hidup
Jika kalian mempunyai pola hidup yang tidak sehat, seperti: suka bergadang, sering makan junk food like hamburger, fried chicken, etc. Bisa saja dengan faktor hidup kalian yang tidak sehat bisa membuat kalian jadi berjerawat.

3.Faktor Makanan
Jika kalian suka makan gorengan, junk food, apalagi yang banyak mengandung lemak , sudah dah tinggal tunggu datang aja sijerawat itu :| karena lemak dapat menimbulkan minyak diwajah sehingga menyebabkan JERAWAT hoho.

4. Kosmetik
Salah satu penyebab adalah : Kosmetik, karena jika kalian tidak cocok bisa saja terjadi breakout dan malahan bikin muka kalian berjerawatan, berkomedo, muka jadi merah. Ada juga kosmetik yang mengandung mineral oil yang tidak cocok bagi yang mempunyai wajah yang berminyak.

5. Datang Bulan/Haid (Khusus Wanita)
Kalo bagi beberapa cewe yang lagi masa-masa PMS, biasanya jerawat ada muncul diwajah.. Karena kelebihan hormon testoteron atau enderogen.

6. Sel Kulit Mati Yang Menumpuk
Jerawat juga bisa terjadi jika sel kulit mati yang diwajah kita menumpuk dan terjadilah sebuah perubahan besar dimuka kita yaitu datanglah sebuah JERAWAT. Wajah harus dibersihkan dengan cara mencuci muka dan bermaskeran agar sel kulit mati hilang.

7. Produksi Minyak Yang Berlebih
Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri. Jadi jangan heran jika orang yang mempunyai kulit berminyak, ada yang berjerawat :D

8. Stress
Jerawat bisa muncul juga karena stress, stress gara-gara ada ulangan misalnya, ada banyak tugas, dan terus bisa juga gara-gara ditinggalin pacar *eh wkwk. Jadi makanya jangan stress ya apalagi kalo ada banyak tugas, kalo banyak tugas jangan ditumpuk-tumpuk :D Dicicil kerjain tugasnya ya ceman!
Terus jangan galau-galau, kalo galau bisa juga loh menyebabkan jerawat :p ini fakta atau opini yaks wkwk

Tipe-tipe Jerawat :

1. Komedo
- Komedo Hitam (Blackheads) : Komedo hitam (komedo terbuka) adalah bintik hitam yang muncul pada pori-pori wajah yang tidak terlapisi oleh epitel kulit. Ini tipe komedo yang lebih sering dialami banyak orang terutama remaja.
- Komedo Putih (Whiteheads) : Komedo putih (komedo tertutup) adalah bintik putih yang menonjol dari dalam kulit wajah (komedonya di bawah epitel kulit). Komedo putih tidak selalu muncul di hidung, bisa di pipi atau di dahi dan komedo ini lebih sulit diatasi karena letaknya yaitu di bawah epitel kulit

2. Jerawat biasa.
Jerawat Biasa

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

3. Jerawat batu (Cystic acne).
Jerawat Batu

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:
  1. Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
  2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  3. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Mencegah Timbulnya Jerawat
Hal yang terpenting selain menggunakan produk dan bahan untuk menghilangkan jerawat, adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisma tubuh dan proses ekskresi yang baik, akan membantu pembuangan zat-zat sisa. Pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan adalah :
  1. minum air secukupnya – tidak kurang, tidak lebih.
  2. menjauhi stress dan selalu rileks
  3. makan sayuran dan buah-buahan supaya BAB lebih lancar
  4. cuci muka dgn air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air ledeng di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi
  5. rutin mencuci handuk, helmet dan bantal
  6. jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat
  7. cuci muka dengan sabun khusus cukup 2x/hari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit
  8. hindari sugary and iodized foods, kopi juga minuman berkarbonisasi
  9. rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan
  10. facial wajah secara rutin akan mempercepat penyembuhan jerawat. Facial wajah rutin setiap 2 minggu sekali. Pakailah produk facial yang sudah terdaftar di badan pom. Keliru memilih produk facial malah bisa membuat problem sahabat menjadi tambah parah.
  11. cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Habbatussauda serta madu sangat baik untuk dikonsumsi.

Cara Mengatasi Jerawat

1. Kulit wajah harus bersih
2. Jangan sering memencet jerawat atau menyentuhnya
3. Hindari memakai make up saat tidur
4. Kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal, demikian juga sebaliknya.
5. Membersihkan wajah pada sore hari berbeda dengan pada pagi hari

Masker Untuk Mencegah Datangnya Jerawat
1. Oatmeal & Madu
- Campurkan oatmeal dan madu, siap dioleskan kewajah. Tunggu 10-15 menit, bilas.

2. Putih Telur
- Pisahkan kuning telur dan putih telur, kocok putih telur. Dan oleskan kewajah, tunggu sampai kering, bilas.

3. Jeruk Nipis
- Peras jeruk nipis dan oleskan kewajah (mungkin agak sedikit perih karena jeruk nipis membunuh bakteri) tunggu 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Strawberry dan Madu
- Blender strawberry dan tambahkan madu, lalu oles kewajah dan tunggu 15 menit. Bilas hingga bersih.


Oiya, ga secepat itu loh ya kita bisa terhindar atau terlepas dari jeratan jerawat :| Contohnya aku, muka ku aja masih ada banyak bekas jerawatnya tapi aku selalu memakai bahan alami untuk masker kok, yang penting kuncinya adalah kesabaran, harus ekstra sabar. Kalo instan belum tentu aman :) Makanya dari itu aku memilih memakai bahan alami saja untuk masker. Jangan patah semangat ya jika jerawat kalian tak kunjung sembuh, selalu berusaha dan berusaha untuk menghilangkan dengan cara yang alami.. Dan jangan lupa selalu mencuci muka dengan facial foam yang cocok dengan kulit kalian^^ Good luck~

Sumber: wikipedia.com
google.com

1 komentar:

Review Body Care Scarlett #Charming 💜💜💜

 Halooo teman teman, apakabarnya?  Pasti baik baik saja kan? Semoga selalu sehat ya..tetap jaga protokol kesehatan dan pakai masker saat dil...